Jumat, 30 Maret 2018

Biografi Imam Asy-Syirazi as-syafi'i




1.     Biografi Imam Asy-Syirazi
Nama lengkap beliau adalah Ibrahim bin ‘Ali bin Yūsuf Jamaluddin al-Firuzabadi al-Syirazi. Beliau adalah pemikir fiqh Al-Syafi’i, sejarawan dan sastrawan. Beliau lahir pada tahun 393 H di Firz Abaz, sebuah kota dekat Syiraz, Persia. Ketika beranjak dewasa beliau berpindah ke Syiraz[1]. Pada masa kecilnya beliau rajin menuntut ilmu. Dan dia menuntut ilmu pertama kalinya kepada abu abdillah Asy-Syirazi yaitu salah seorang sahabat dari abu hamid.
Pendidikan Imam al-Syirazi tergolong sangat panjang. Beliau mengembara ke beberapa daerah untuk mendengar, mengkaji, dan belajar kepada beberapa ulama. Pada tahun 410 H, beliau masuk di Syiraz dan belajar fiqh pada beberapa ulama besar, seperti Abu Ahmad Abdul Wahhab ibn Muhammad ibn Amin, Abu Abdullah Muhammad ibn Abdullah al-Baidawi, Abu al-Qasim ibn Umar al-Karhi. Kemudian, beliau menetap di Basrah dan berguru pada al-Khuzi.[2]Tahun 415 H pindah ke Baghdad dan berguru ilmu ushul fiqh pada Abu Hatimal-Qazwaini dan al-Zajjaj.Sementara ilmu hadis diterimanya dari dari Abu Bakar al-Barqani, Abi ‘Ali bin Syāzān dan Abā Tayyib al-Tabari, bahkan menjadi asistennya.[3]
Abu Ishaq al-Syirazi adalah seorang ahli ushul fiqh bermazhab Syafi’iyyah. Beliau merupakan syaikh (guru) bagi madrasah an-Nizhamiyyah.
Az-Zarkali dalam kitabal-A’lamyang penulis kutip dalam buku “Sejarah Ushul Fikih” bertutur, “kecerdasan beliau tampak dalam bidang ilmu-ilmu syariat Islam. Beliau menjadi rujukan para penuntut ilmu, seorang mufti pada masanya dan dikenal sebagai sosok yang memiliki argumentasi kuat ketika berdebat.Wazir Nizham al-Mulk membangunkan untuk beliau Madrasah an-Nizhamiyyah di pinggir sungai Dajlah.Di situlah beliau mengajarkan ilmunya, hidup sebagai seorang fakir yang sabar. Tutur kata beliau sangat indah, wajahnya bersinar, bahasanya fasih, ahli debat ulung, dan senang membuat syair. Beliau memiliki banyak buah karya.”[4]
Nama Abu Ishaq al-Syirazipopular dimana-mana sebagai cendekiawan yang tangguh, bahasanya bagus, ahli berdebat dan berdiskusi dan pembela mazhab Syafi’iyyah. Beliau pernah menjadi dosen di Universitas Nizhamiyah di Baghdad, sebuah Perguruan Tinggi Islam yang didirikan oleh seorang wazir (Menteri) kerajaan Saljuk.[5]
Beliau menempati kedudukan tersendiri di hati Khalifah al-Muqtadi bin Amrillah, Ketika ia meninggal, Madrasah Nizamiyah sebuah perguruan tinggi yang dibangunnya dimana al-Syirazi juga mengajar, harus ditutup sebagai penghormatan dan rasa dukacita yang mendalam atas kematiannya.
Abu Ishaq adalah seorang master pada zamannya, dan merupakan poros keilmuan ulama’ pada masa itu. Orang-orang berbondong-bondong dan bertujuan menuntut ilmu kepada beliau. Sehingga mereka mendapatkan cahaya keilmuan sebab kezuhudan dan kewira’ian beliau.
Diantara murid-murid beliau yang masyhur adalah:
1.     Abu Ali Hasan bin Ibrahim bin Ali bin Barhun (w.527) pengarang kitab “ Al Fatawa wa al-Fawaid ala Al-madzhab
2.     Abu Qasim Ali Ahmad bin Ahmad bin Qasim al-Mahalli (w.493)
3.     Abu al-Fadlu Abdul Aziz bin Ali bin Abdul Aziz al-Asynahi (w.500) pengarang kitab faraid
4.     Abu Bakar, Ahmad bin Ali bin Tsabit, seorang Khatib di Baghdad. (w.463) pengarang kitab Tarikh Baghdadi
5.     Abu Abdillah Muhammad bin Abi Nasr al-Hamidi (w.488) pengarang kitab Jami’ Baina Shahihaini
Diatara karya-karya Imam Asy-Syirazi yaitu:
a.      Kitab al-Muhadzab fi madzhab syafi’i
b.     Kitab at-Tanbih
c.      Kitab an-Nukut fi Khilaf. Menjelaskan tentang perbedaan antara dua Imam. Yaitu imam Syafi’i dan Imam Abu Hanifah
d.     Kitab al-Luma’ fi Ushul Fiqih
e.      Kitab at-Tabshirah fi Ushul Fiqih
f.      Kitab Thabaqatul Fuqaha’
g.     Kitabul Ma’unah
h.     Kitabu nushhi ahlil ilmi
i.       Kitabu mulakhos fil hadits
j.       Kitabul Isyarah ila Madzhab ahlil haq[6]
Beliau meninggal di rumah Abu al-Muzaffar bin Rais al-Ruasa, malam Ahad Jumadil Akhir 476 H. Jenazahnya disalati oleh Khalifah al-Muqtadi bin Amrillah, setelah dimandikan oleh Abu al Wafā bin ‘Aqil al Hambali, kemudian dikubur di pemakaman Bāb al Harb, Baghdad.[7]



[1] Abdullah Mustofa al-Maraghi, Fath al-Mubi>n fi Tabaqa>t al-Ushu>liyyi>n: Pakar-pakar Fiqh Sepanjang Sejarah, Terj. Hussein Muhammad, (Yogyakarta: LKPSM, 2001),cet. 1, h. 159.
[2]Tapak Tilas 2011, Jendela Madzhab: Memahami Istilah & Rumus Madzahibu al-Arba’ah, Kediri: Lirboyo Press, 2001, h. 29
[3] Abdullah Mustofa al-Maraghi,........, hlm 159.
[4]Musthafa Sa’id al-Khin, Abhas Haula Ilm Ushul al-Fiqh; Tarikhuhu wa Tathawwuruhu, terjemahan  Muhammad Misbah & M. Hum dengan judul “Sejarah Ushul Fikih”, (Jakarta: Pustaka al-Kautsar, 2014), hlm. 275.
[5] Sirajuddin Abbas, Thabaqa>t al-Sya>fi’iyyah, Ulama Al-Syafi’i dan Kitab-kitabnya dari Abad ke Abad, (Jakarta: Pustaka Tarbiyah, 1975), hlm. 128.
[6]An-Nawawi, Majmu’ ala Syarhil Muhadzad,(Beirut ,darul fikr, juz I, T.T) hlm. 11
[7] Ibnu Katsir, al-Bidayah wa An-Nihayah, terjemahan Misbah,( Jakarta: Pustaka Azzam, 2012), h. 39.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar